Tampilan

Cari Blog Ini

Minggu, 18 April 2010

Instalasi Joomla

Web Instant with Joomla
25 04 2010

Modul Workshop
Author : Endro Marijanto SPd

“Web instant with Joomla”

a.1 Apa sih joomla ?
  Perkembangan dunia internet pada saat ini sangatlah pesat, hal ini semakin didukung dengan kemudahan dalam membangun web bagi kalayak umum yang tidak memiliki latar belakang pendidikan berbasis teknologi informasi. Salah satu web developer yang sedang naik daun adalah joomla. dw aja http://www.4shared.com/file/106941149/d60f0693/Modul_Workshop.html

Joomla merupakan web berbasis content management system (cms) dan bersifat opensource. Para pengembang joomla focus pada prinsip aplikasi gratis dan tidak ingin membuat sesuatu yang bersifat komersial. Istilah joomla diambil dari bahsa Swahili yang berarti “all together” atau “as a whole” atau bersama-sama”
Anda pasti bertanya apa itu opensource? Opensource merupakan istilah dunia komputer yang berarti
  kode sumber aplikasi dapat diakses, dilihat, dan dimodifikasi oleh umum sesuai dengan aturan yang ditentukan. Opensource tidak selalu berarti gratis, ada kalanya anda perlu membayar untuk dapat tetap menggunakan aplikasi opensource. Jika anda telah mencapai suatu titik yang telah disetujui dalam aturan yang telah ditentukan. Untuk menggunakan joomla anda tidak perlu membayar atau gratis.
a.2 Apa saja aplikasi pendukung joomla
  Untuk membuat web berbasiskan joomla maka anda membutuhkan beberapa aplikasi pendukung, antara lain:
 Xampp
 Joomla installer
 Templete, modul, component dan perangkat tambahan lain pendukung joomla.

a.3 Instalasi Aplikasi Pendukung Joomla menggunakan xampp
1. Double klik pada aplikasi xampp, kemudian pilih next-next, install setelah itu akan tampak proses instalasi kemudian klik finish.
2. Jika diminta untuk installasi Xampp ftp-filezila server pilih no.
3. Pilih yes untuk melakukan setting awal panel xampp.
Gambar 1.1 Proses instalasi xampp
Cat : Dari gambar diatas hanya sebagian proses installasi saja yang dilampirkan selanjutnya akan dibahas pada saat workshop.
a.4 Proses Installasi Joomla
  Pada umumnya joomla memiliki berbagai vers tergantung dari kebutuhan sipembuat, salah satunya adalah joomla e-commerse yang digunakan sebagai media web komersil. Untuk workshop kali ini kita menggunakan Joomla_1.0.13-Stable-Full_Package karena joomla versi ini sudah memiliki kestabilan yang bagus dan mudah di gunakan.
Proses installasi joomla tidak memakan waktu yang lama serta mudah dalam proses penginstalannya. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
a) Buat Folder di dalam folder C:program files -> xampp -> htdoc ->,
b) Extract file joomla yang sudah dalam bentuk ekstensi .ZIP ke dalam folder C:program files -> xampp -> htdoc ->folder joomla.
c) Buka internet browser (mozilla atau IE), kemudian ketikkan (http://localhost/namafolderjoomla).
d) Lakukan installasi joomla pada browser dengan melakukan lankah-langkah sebagai berikut :


Step1 : klik next pada bagian button next pojok kanan atas, lakukan hal tersebut pada step berikutnya hingga pada proses step 1.
Step1 : masih pada step1, anda akan diminta untuk mengisi bagian-bagian yang ditanyakan sebagai pondasi awal joomla anda, langkahnya dengan mnegisikan localhost pada hostname, root pada MySQL User Name, kosongkan pada MySQL password, berinama pada database MySQL Database Name agar mempermudah dalam penyimpanan data.
Step2 : beri nama site pada field site name.
Step3 : beri nama e-mail pada field your e-mail
Step4 : pada step ini anda disarankan untuk tau atau ingat user name dan password yang diberikan oleh joomla.

e) langkah selanjutnya anda disarankan menghapus folder installation yang ada pada folder C:programfiles -> Xampp -> htdoc -> nama folder joomla anda -> hapus folder installation.

f) Buka kembali file browser anda (http://localhost/nama_folder_joomla lalu refresh atau tekan F5, kini anda sudah memiliki web local yang siap untuk di layout ulang.
g) Untuk melayout ulang anda disarankan masuk melalui menu administrator yang disediakan oleh joomla sendiri yaitu dengan membuka satu file browser lagi atau dengan menekan Ctrl+T untuk memudahkan penambahan tab baru pada browser agar menghemat sedikit pekerjaan kita. Pada file browser ketikan (http://localhost/nama_folder_joomla/administrator), maka anda akan dihadapkan dengan menu login, masukan user name dan password yang telah disediakan joomla pada saat kita melakukan proses installasi.
a. Ketika proses login berhasil sebaiknya disarankan agar anda segera menggati password dan username anda agar menghindari kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi pada saat anda login kembali. Caranya dengan memilih User Manager yang ada pada menu Control Panel yang disediakan oleh joomla, Beri tanda pada list administrator lalu pilih edit pada bagian pojok kanan menu User Manager joomla. Kemudian pada menu User edit masukan password baru dan user name baru, lalu pilih save. Jika anda ingin menambahkan user baru bisa memilih new dan melakukan proses registrasi yang disediakan oleh joomla.

a.5 Module, component dan perangkat tambahan lain.

  Dalam step ini anda akan diperkenalkan dengan module, component dan perangkat tambahan lain, namun kita akan lebih fokus pada module dan component saja, sesuai dengan pembahasan kita kali ini yaitu mengenai web instant. Dalam produk joomla banyak sekali module yang dapat digunakan namun kembali pada kebutuhan web itu sendiri dalam bidang apa si-web difungsikan sebab penginstallan modul yang tidak tepat guna akan memberatkan penguploadtan data web ketika akan dipindahkan ke webhosting. Begitu juga dengan component yang tersedia dapat difungsikan dengan seminim mungkin demi kenyamanan saat proses upload. Hal ini sebenarnya bukannya kita menganggap joomla itu menyusahkan atau terlalu berat untuk digunakan akan tetapi kita harus berpikir untuk apa melakukan banyak installasi module dan component jika hal itu jarang digunakan oleh user yang dampaknya malah memberatkan proses upload walaupun sebenarnya proses upload sangat bergantung pada bandwith tempat kita melakukan proses upload.

a.5 Templete Joomla
Templete dijoomla dapat berarti tampilan web yang akan disuguhkan pada saat web diakses, dalam joomla banyak sekali template yang tersedia baik yang bersifat gratis maupun yang bayar. Template ini biasanya tersedia disitus-situs yang memang memberikan layanan freedownload ataupun didapat melalui teman atau rekan yang lain.
a.6 Installasi template
Dalam proses installasi template jommla ada beberpa langkah yang harus anda lakuan, antara lain sebagai berikut :
a. Buka file browser anda lalu masuklah pada menu administrator (http://localhost/nama_folder_joomla/administrator). Kemudian silahkan anda login sesuai dengan user name dan password yang telah anda aktifasi.

b. Jika sudah masuk kedalam menu control panel maka buka file installers -> template site -> browse template file yang akan anda gunakan lalu pilih upload and install. Biasanya file template berekstensi .zip atau .rar. Agar template web anda berubah anda harus terlebih dahulu memberi tanda pada template yang anda inginkan, caranya dengan memilih site -> template manager -> site templates, yang berada pada menu control panel joomla lalu beri tanda pada nama template yang telah anda install kemudian pilih default.

c. Agar pergantian template dapat terlihat jelas maka buka file browser anda atau menambahkan tab browser, kemudian ketikan (http://localhost/nama_folder_joomla) pada file browser kemudian tekan refresh/ F5.
Anda juga bisa mengedit bagian-bagian dari template dengan menggunakan beberapa tools seperti adobe photoshop. Bagian yang bisa diedit bisa anda lihat pada C:/program files/xampp/htdocs/nama folder joomla/templates/nama template/images.
a.7 Installasi module
Pada implementasinya module sangat lah berperan dalam hal kebutuhan web yang kita buat, tujuannya tidak lain demi terpenuhinya kebutuhan pengguna atau user maupun hanya mempercantik tampilan web. Beberapa contoh dari module tambahan pada joomla seperti module anakclok yang berfungsi menampilkan jam analog pada web kita. Masih banyak module-module lain yang juga memiliki fungsi yang beraneka ragam. Mulai modul yang hanya digunakan biasa sampai module yang memang sengaja digunakan untuk kepentingan komersil seperti module virtumart.
Untuk melakukan installasi modul anda dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut :
a. Pada menu control panel administrator pilih installers -> modules -> browse, pilih modul yang akan anda gunakan -> upload and install.
b. Agar module dapat di gunakan sebagai mana mestinya anda harus mengaktifkan module terlebih dahulu, caranya yaitu pada menu control panel administrator pilih modules -> site module -> beri tanda pada module yang baru saja anda install lalu pilih publish.
Sebaiknya pada saat menginstall module sesuaikan letak atau posisi modul sesuai dengan tampilan template.
a.8 Installasi Component
Sama seperti module penggunaan component pada joomla sangatlah berpengaruh, pada joomla banyak sekali macam atau jenis dari component anda dapat menggunakanya sesuai dengan kebutuhan web anda. Adapun cara installasi component adalah sebagai berikut.
a. Pada menu control panel administrator pilih installer -> components -> browse component yang diperlukan -> upload and install.
b. Anda dapat memastikan component sudah dapat difungsikan atau belum dengan memilih components pada menu control panel administrator, pastikan component yang telah anda install sudah ada di list components.
Agar component dapat difungsikan secara maksimal, anda biasanya disarankan untuk membuat menu item baru, dimana menu item tersebut akan dihubungkan dengan component yang telah anda install. Langkah-langkahnya sebagai berikut :
a. Pada menu control panel administrator pilih meu -> main menu -> new -> beri tanda pada components (component) -> next
b. Beri nama untuk menu item anda -> pilih nama component yang telah anda install hal ini berfungsi sebagai penghubung dengan component yang anda install -> save.
b.1 Mengaktifkan Modul Smooth Gallery
 Untuk mengaktifkan module smooth gallery, masuk ke Modules -> Site Modules.
 Setelah itu klik ikon publish pada baris smooth gallery agar tampil dihalaman web.
 Agar tampilan smooth gallery sesuai layout yang diharapkan, klik tulisan smooth gallery untuk mengatur konfigurasinya.
 Pada detail smooth gallery, ubah title sesuai keinginan anda dan published menjadi: yes.
 Pada bagian parameters, atur konfigurasi sesuai gambar, yang penting adalah bagian images directory isikan: Images/nama folder tempat anda menyimpan gambar. Ini merupakan lokasi gambar anda.
 Setelah itu anda harus meng-copy folder gambar anda ke direktori C:\Program Files\xampp\htdocs\nama folder joomla anda\images\
 Jika anda ingin tampilan gambar anda sesuai dengan lebar kapasitas yang disediakan template maka ubahlah terlebih dahulu gambar yang ada menjadi 150px X 150px lau upload atau copy ke folder gambar.
b.2 Gallery dengan menggunakan Expose
 Lakukan installasi melalui installers -> components.
 Klik browse, cari file component Expose dalam folder yang menyimpan installer expose lalu klik upload file & install.
 Jika anda berhasil, maka akan muncul konfirmasi dari expose yang perlu anda perhatikan adalah default password untuk masuk ke control panel expose adalah manager.
 Langkah selanjutnya adalah menampilkan component ini kedalam bagian menu, caranya pilih menu -> main menu -> new .
 Setelah masuk ke new menu item, aktifkan radio button component pada components lalu next.
 Ketik field name (buat nama menu apa yang anda ingin anda tambahkan dalam hal ini saya mengasumsikan nama menu itu adalah gallery) dan pilh component -> expose lalu save.
Cara menampilkan gallery sesuai layout :
a. Agar tampilan gallery sesuai layout dan lebarnya proporsional, maka masuklah ke component -> expose -> configuration.
b. Atur konfigurasi hanya pada parameter berikut :
• Gellery width : 550
• Main Panel Y : 270
• Main Panel Tooltip Text Position : below
• Main Panel Slide Show Button X : 80
• Main Panel Audio Comment Button X : 0
• Main Panel mages Description Button X : 0
• Main Panel Select Album Button X : 450
• Main Panel Imege Strip Button X : 495
• Main Panel Image Counter X : 45
• Main Panel Album Info X : 180
• Main Panel Album Info Y : 400
• Main Panel Help Button Y : 600
c. Klik ikon save.
b.3 Konfigurasi Joomla
Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam proses pengaturan konfigurasi joomla, mengapa demikian? Mengapa perlu pengaturan konfigurasi?? Biasanya ketika sebuah file joomla dipindahkan dari koputer satu ke komputer lain atau dengan kata lain terjadi proses copy paste, yang harus diperhatikan adalah mengatur konfigurasi joomla itu sendiri, Caranya :
- Buka file C:\Program Files\xampp\htdocs\me
- Pilih configuration.php
- Perhatikan baris-baris yang perlu diperhatikan yaitu
- $mosConfig_host = ‘localhost’;
- $mosConfig_user = ‘root’;
- $mosConfig_password = ”;
- Sesuaikan user dan password database dengan user dan password yang ada ditempat baru tempat anda mengofy file joomla,
- Biasanya yang paling bermasalah adalah bagian dibawah ini jadi sesuaikan tempat penyimpanan program yang telah diinstall.
- $mosConfig_absolute_path = ‘C:/Program Files/xampp/htdocs/me’;
- $mosConfig_cachepath = ‘C:/Program Files/xampp/htdocs/me/cache’;
b.4 Melakukan back up file-file web
Dalam proses pembackupan data di joomla ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, yaitu:
- Buka Windows Explorer, ketik pada bagian addres: c:\Program files\xampp\htdocs\nama folder web
- Folder dan file di dalam folder web ini nantinya akan dijadikan satu file dengan menggunakan winZip pastikan anda telah menginstall winzip). Seleksi (block) folder administrator, cache, dan components.
- Lalu klik kanan dalam kondisi ketiga folder masih terseleksi, lalu pilih winZip > add to nama folder web.zip.
- Maka akan muncul file baru, yaitu: nama folder web.zip. Ubah nama file ini menjadi nama folder web1.
- Ulangi langkah 2 dan 3 pada sisa folder dan file yang belum terseleksi sebelumnya ( tentu saja anda tidak perlu ikut menyeleksi file nama folder web.zip), yaitu mulai dari folder editor sampai dengan file robots (total 25 item).
- Setelah ter zip ubah nama file menjadi nama folder web2.zip.
- Copy kedua file hasil zip ke media penyimpanan cd atau flash disk agar memudahkan anda dalam melakukan proses upload, missal diwarnet.
- Tujuan membuat dua file zip agar proses upload menjadi lebih ringan dan cepat.
b.5 Melakukan backup database
1. Buka web browser anda, lalu pada URL ketik http://localhost/xampp/
2. Ubah setting jerman menjadi bahasa inggris di bagian kiri control panel.
3. Kemudian pilih nama database anda pada menu php myadmin.
4. Kemudian pilh tab :Export.
5. Klik tulisan select all untuk memilih seluruh table database yang akan di backup.
6. Beri tanda cek pada checkbox save as file kemudian klik go.
7. Akan muncul jendela konfirmasi download file web anda.sql, klik save (harus diingat dimana anda menyimpan file ini!!!, missal : c:Mydocuments). Lakukan aktivitas backup data setiap hari jika web anda telah online, agar jika ada masalah kerusakan database akibat virus atau hacking, dapat anda kembalikan lagi seperti sediakala.
Hosting Joomla
Sebelum anda melakukan hosting ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa itu web hosting serta beberapa hal yang berkaitan dengan web hosting. Berikut ini akan di ulas mengenai web hosting:
Apa yang dimaksud dengan Web Hosting :
Web Hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web / situs Internet.
Siapa saja yang membutuhkan Web Hosting :
Seperti telah dijelaskan diatas, setiap orang ataupun perusahaan dapat menyewa tempat atau memanfaatkan jasa web hosting ini, didukung dengan kemajuan teknologi informasi yang ada saat ini maka pemanfaatan jasa web hosting merupakan sarana alternatif yang handal untuk: Promosi, Menyebarkan Informasi, Berjualan, Layanan Publik sampai dengan sekedar tempat untuk menumpahkan isi hati yang kelabu ke dalam buku harian berbasis web (blog: web log) akibat ditinggal kekasih.
Mengapa Perlu Web Hosting :
Kecepatan menyebarkan informasi tentang Jasa, Produk, Layanan Publik dan lainnya merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan bisnins perorangan atau perusahaan,
Contoh Pertama : di Indonesia hanya dengan kurang lebih Sepuluh Ribu Rupiah dalam waktu satu jam penuh, dengan tidak meninggalkan rumah dan hanya bermodalkan koneksi telepon rumah dari TELKOM, anda dapat menjelajah DUNIA dan memperoleh berbagai informasi.
Contoh kedua: Seorang mahasiswa kedokteran, dengan dana yang terbatas, untuk mengantisipasi membeli buku kuliah kedokteran yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah, dapat dengan mudah memperoleh informasi ilmu pengetahuan dan teknologi melalui situs web, dan ini menjadi tanggung jawab penyelenggara pendidikan untuk menyediakan layanan web site guna memajukan pendidikan. Bahkan seorang dosen sebaiknya memiliki web site.
Kapan anda membutuhkan Situs Web :
Disaat anda ingin memasarkan produk atau jasa melewati batas kabupaten, propinsi, negara, samudra dan benua, disaat anda ingin orang lain memperoleh informasi yang benar mengenai hal-hal kemanusiaan, disaat anda ingin menyebarluaskan pengetahuan demi kesejahteraan sesama manusia, disaat anda ingin melakukan transaksi bisnis yang memudahkan pelangan anda menjangkaunya dari sebuah vila tempat peristirahatan dengan privasi yang tinggi, disaat itulah anda membuthkan layanan web hosting.
Dimana menyewa Web Hosting :
Ratusan bahkan ribuan penyelenggara jasa web hosting, ada dapat memulainya dengan mencari dari mesin pencari google atau yahoo, beberapa penyedia jasa layanan web hosting di indonesia.
Teknologi apa yang digunakan :
Salah satu teknologi yang digunakan adalah fail over hosting, teknologi ini memungkinkan layanan anda tetap online 24 jam karena dudukung oleh beberapa server komputer yang secara otomatis akan menggantikan tugas server komputer yang mengalami kerusakan
Bagaimana cara Mengelola Web Hosting :
Setelah anda memiliki / menggunakan jasa layanan web hosting, selanjutnya bagaimana mengelolanya, hal ini merupakan tantangan yang tidak murah, sebab informasi yang ada harus selalu ditambah dan diperbaharui. Sebuah Tips sederhana yaitu, lakukan persiapan pada posisi Off Line untuk menghemat. Selamat mencoba.
Berikut nama-nama web hosting yang bisa anda gunakan :
AnakDugem
Fitur: 300mb Storage Space, 5GB Transfer per month, 5 MySQL databases, 20 subdomain, 20 parked domains, 20 add-on domains, 1 FTP Account, CPanel, Fantastico
Daftar: http://suggestionsite.com/ipanel/order/
ServerMerdeka
Fitur: 20MB space, domain / subdomain, cpanel, fantastico, webmail / pop3, biaya setup Rp 20.000,-
Daftar: http://servermerdeka.com/core/hosting.daftar.php
OrgFree
Fitur: Unmetered traffic, 200 MB Webspace, PHP 4.4.2 with GD2 library and Zend Optimizer, MySQL 4.0.26 support, Php mail() enabled, SSI Support (Server Side Includes – .shtml), Free Subdomain – yourchoice.orgfree.com, phpMyAdmin, FTP, Advanced Control Panel
Daftar: http://orgfree.com/
AGigForFree
Fitur: 1GB of Storage, 10GB of Transfer, cPanel v10, Fantastico, unlimited MySQL
Daftar: http://www.agigforfree.com/
500FreeHosting
Fitur: 500MB space, 50GB bandwidth, host 10 domain / 100 subdomain, FTP, Cpanel, CGI, PHP, 5 MySQL database, phpMyAdmin, Perl, Fantastico
Daftar: http://www.500hosting.com/signup.htm
Community.Web.Id
Fitur: 100MB space, 1GB bandwidth, host 10 domain, Cpanel, Fantastico, 10 MySQL database, PHP
Daftar: http://www.community.web.id/billing
PHPNet.Us
Fitur: 300MB space, 80GB bandwidth, Control panel, MySQL, PHP, FTP, free sub domain (you.phpnet.us)
Daftar: http://phpnet.us/signup.php

Tidak ada komentar:

Posting Komentar